Sejarah Manchester United

ini ane kasih sejarah MU

Pada saat itu sekumpulan para pekerja depot kereta api Lanchasire and Yorkshire, Newton Heath tidak mempunyai pekerjaan selepas berkerja. Akhirnya mereka sepakat untuk membuat sebuah tim sepak bola dengan nama Newton Heat LYR.FC. Klub ini resmi berdiri pada 1878. sebelum pindah markas, klub telah bergabung menjadi anggota Football League dan memutuskan hubunganya dengan perusahaan kereta api. Label LYR dinama klub di hapuskan menjadi Newton Heat F.C

Perkembangan Newton Heat tidaklah mulus. Memasuki pergantian abad tahun 1902, Newton Heat F.C diambang kebangkrutan karena mereka terlilit hutang yang jumlahnya 2.500 pound. Namun sebelum pembubaran tersebut benar-benar dilaksanakan sebuah keajaiban terjadi. Pada 1901, bek tengah dan kapten tim mengemukakan rencana penyelamatan klub. Pada sebuah penggalangan dana, Stafford memamerkan anjingnya yang bernama Major. Major sudah dikenal para penggemar klub dan menjadi maskot Newton Heat.

Ketika acara pengumpulan dana di gelar, Major di taksir oleh seorang direktur perusahaan bir Manchester Breweries, John Henry Davies. Akan tetapi, Stafford menolak tawaran tersebut. Setelah terlibat negosiasi yang alot, akhirnya keduanya mencapai kata sepakat. Stafford memberikan anjingnya dan Davies menginvestasikan uangnya untuk menyelamatkan Newton Heat F.C sekaligus menjadi pimpinan klub tersebut

Langkah pertama yang di buat oleh Davies sebagai pimpinan klub adalah merubah warna kostum menjadi merah – putih dan mencari nama baru. Nama Manchester Central dan Manchester Celtic sempat diusulkan. Namun nama yang disepakati adalah Manchester United. Nama ini adalah hasil usululan seorang imigran dari Itali bernama Louis Rocca. Akhirnya, resmilah eksistensi klub ini pada 26 April 1902 dengan nama Manchester United (dapat pula disingkat Man Utd, Man. United, MU, atau United)

Pada musim 1905/1906 United berhasil promosi ke Divisi Satu setelah finis di urutan dua Divisi Dua. Dua tahun setelahnya, United berhasil meraih gelar liga pertamanya. Pada 1908 mereka bermain di Piala Charity untuk pertama kalinya dan berhasil memenangkan Piala FA setelah menggilas QPR di partai final dengan skor 4-0. Pada tanggal 19 Februari 1910 United berpindah markas ke stadion baru yang bernama Old Trafford. Stadion ini dibangun tahun 1909 dengan total biaya 60.000 pound dan berkapasitas lebih dari 80.000 penonton.

Kesuksean tersebut tidaklah berlanjut. Membuat pelatih sebelumnya Ernest Magnall mengundurkan diri dan membelot ke klub rival sekota Manchester City. Posisi tersebut digantikan JJ. Bentley. Pergantian tersebut membuat sedikit angin segar di klasmen akhir musim 1912/1913. United berhasil menduduki peringkat 4.

Ketika Perang Dunia I terjadi, banyak pemain United bergabung ke medan perang. Salah satunya adalah Sandy Turnbull. Kepergian Turnbull jelas mempengaruhi kestabilan tima karena pahlawan United itu gugur dalam pertempuran di Perancis.

United terus mengalami kemunduran dari tahun ke tahun. Pada tahun 1931 MU harus terdegradasi ke Divisi Dua. MU pun kembali di ambang kehancuran. Beruntung, James W Gibson datang sebagai penyelamat. Dia menginvestasikan 30.000 pound untuk membayar gaji pemain dan 40.000 pound untuk membayar hutang klub. Cerita suram suram ini belum selesai. Pada masa Perang Dunia II tepatnya 11 Maret 1941, Kota Manchester menjadi sasaran empuk bom-bom AU Nazi Jerman. Old Trafford pun tak luput dari bidikan.

Era kebangkitan MU mulai terbangun sejak kedatangan seseorang bernama Matt Busby. Dia menciptakan isitilah famous five untuk lima penyerangnya, yakni Jimmy Delaney, Stan Pearson, Jack Rowley, Charlie Mitten, dan Johnny Morris. Pada 1956, United berhasil menjadil juara Liga Inggris dengan torehan 105 gol.

Pada Kamis 6 Februari 1958, sebuah pesawat twin-engined Elizhabetan milik BEA gagal terbang dan meledak. Insiden itu terjadi di Bandara Riem, Muenchen, Jerman pukul 20.45 waktu setempat dan menewaskan 23 penumpangnya.

Kecelakaan ini tidak hanya akan dikenang bagi keluarga korban, tetapi seluruh dunia terutama pendukung United dari generasi ke generasi. Mengapa? Disebabkan pesawat tersebut sedang mengangkut skuad hebat MU beserta krunya. Mereka tengah melakukan perjalanan pulang dari Yugoslavia ke Inggris. Pada perjalanan itu, semua pemain tengah diliputi eforia kegembiran setelah berhasil mengantongi tiket semifinal Piala Champions setelah berhasil menahan tuan rumah Red Star Beograd 3-3 pada second leg. Setelah sebumnya, di first leg berhasil menundukan Red Star dengan skor 2-1.

Kejadian itu membuat Liga Inggris dan Eropa melakukan penghormatan bagi korban dengan mengheningkan cipta selama 2 menit ketikan pertandingan akhir pekan diselenggarakan. Bahkan, Red Star Beograd menyarankan agar Piala Champions Eropa 1958 didedasikan untuk United sebagai penghormatan kepada para korban

United menyusun sebuah klub dari 0 kembali, setelah di tinggal hampir sebagian pemainya pada saat kecelakaan yang diberi nama “Tragedi Muenchen”. Setelah sembuh dari luka akibat kecelakaan, Busby kembali melatih. Dengan tim yang se adanya MU kembali merengkuh kejayaanya kembali. MU pun merekrut pria Irlandia yang bernama George Best. Gaya dan ketampananya membuat Best banyak digemari. Tak kadang Best di juluki sebagai personil kelima di The Beatles.

10 tahun setaleh Tragedi Muechen, MU berhasil membayar lunas impian mereka. Piala Champions berhasil di boyong ke Old Trafford. Selepas kesuksesan ini, Matt Busby memilih mengundurkan diri pada 1967. Kepergian Busby berdampak besar pada performa tim. Mereka terseok-terseok di musim-musim berikutnya.

Setelah beberapa pergantian pelatih. MU memutuskan untuk mengontrak Alex Ferguson. Dibawah kepimpinan Fergie United berhasil merengkuh 11 Trophy Premier League, 5 Trophy FA,  3 Piala Liga, 8 Trophy Community Shield, 2 Trophy Champions League, 1 Piala Winners, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Interconintal Cup, 1 Piala Dunia Klub FIFA. Fergie pun juga berhasil memboyong pemain-pemain yang menjadi trademark Old Traffod yaitu Eric “The King” Cantona , David Beckham, dan Cristiano Ronaldo. Karena kesetian dan kegeniusanya, Fergie diberi gelar Sir oleh ratu Inggris. Bursa pelatih untuk menggantikan Fergie pun mulai di bicarakan. Dari mulai Darren Ferguson, Pep Guardiola, Carlos Querioz, Jose Mourinho, dan Bryan Robson. Hanya Pep dan Mourinho menjadi kadidat terkuat menjadi pengganti Sir Alex Ferguson setelah pensiun nanti.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: